Mengenal Slipper Clutch Pada Sepeda Motor

Slipper Clutch - Mengenal Teknologi Slipper Clutch yang terdapat pada sepeda motor

Dikesempatan ini admin Otobuku akan membahas mengenai teknologi keren yang mana teknologi ini sekarang telah diaplikasikan di berbagai motor yang beredar di Indonesia maupun dinegara-negara yang lainnya. Teknologi yang mimin bicarakan ini yaitu Slipper Clutch, yaps, bagi sebagian orang nama Slipper Clutch ini sudah terdengar akrab, namun bagi sebagian orang masih banyak yang kebingunan dengan apa Slipper Clutch itu ? Jadi disini mimin akan membahas mengenai teknologi Slipper Clutch ini, jadi mungkin artikel ini akan dapat membantu sobat otobuku yang masih kebingungan dengan nama Slipper Clutch ini.

Foto Slipper Clutch Pada Sepeda Motor
Foto Slipper Clutch Pada Sepeda Motor
Pada balapan MotoGP, Motor berjalan dengan sangat kencang pada jalan yang lurus dan kemudian belok ditikungan yang tajam dan setelah melewati tikungan kemudian motornya dapat berjalan dengan cepat kembali. Hal ini karena pengendara harus turun perseneling banyak pada saat melewati tikungan. Dan setelah melewati tikungan motor akan segera berjalan dengan cepat atau kencang kembali karena gigi / persneling berada di bawah.

Pada motor biasa jika mengikuti cara para pembalap di MotoGP seperti diata, yaitu saat motor masih berjalan kencang dan melakukan penurunan gigi / perseneling secara cepat dan kemudian melepaskan koplingnya maka roda belakang akan melintir kehilangan traksi karena back torque, tentu hal ini membuat pengendara menjadi kesusahan dalam mengendalikan motornya dan malah membahayakan pengendaranya, hal ini karena motor yang digunakan berbeda dengan motor yang digunakan untuk balapan, pada motor balap MotoGP itu telah dilengkapi dengan teknologi yang bernama Slipper Clutch.

Gambar Slipper Clutch Pada Motor
Gambar Slipper Clutch Pada Motor

Pengertian dan Fungsi Slipper Clutch pada Sepeda Motor

Slipper Clutch adalah sebuah teknologi yang mana sebelumnya digunakan pada motor yang digunakan untuk balapan, yaps, sebuah teknologi yang terpasang pada motor balap, yang mana teknologi ini mempunyai fungsi yang sangat penting, yaitu untuk mengurangi efek dari Back Torque / Engine Brake ketika menurunkan gigi secara mendadak dan cepat, saat mengurangi gigi secara cepat / mendadak ini roda belakang berkemungkinan mengunci jadi dengan adanya teknologi Slipper Clutch ini akan mencegar terjadinya selip atau roda belakang yang mengunci ini.

Gambar Photo Slipper Clutch untuk Motor Ninja
Gambar Photo Slipper Clutch untuk Motor Ninja
 Engine Brake, kata ini bagi sebagaian orang juga masih sangat asing, jadi saya beritahu kalau Engine Brake ini merupakan sebuah teknik mengurangi kecepatan kendaraan yang mana proses pengurangan kecepatan ini dengan memanfaatkan kekuatan dari mesin. Yaitu dengan cara mengurangi gigi / perseneling secara berurutan. Namun ketika kalian melakukan teknik ini kalian akan mendapatkan beberapa efeknya, salah satunya adalah akan menghabiskan lebih banyak bahan bakar, selain itu jika digunakan secara berlebihan dan dengan cara yang salah maka dapat merusak komponen mesin.

Bagian dan Komponen Slipper Clutch
Bagian dan Komponen Slipper Clutch

Namun sekarang ini teknologi Slipper Clutch ini tidak hanya digunakan pada motor untuk balapan MotoGP saja, karena motor buatan pabrik yang dijual dipasaran sudah ada banyak yang dilengkapi dengan teknologi ini, salah satunya adalah Motor Kawasaki Ninja 250, seperti yang kita ketahui kalau motor Kawasaki Ninja 250 ini terdapat beberapa model, seperti Kawasaki Ninja 250 SE, Kawasaki Ninja 250 ABS, Kawasaki Ninja 250 Beet, dll, dan semua model dari kawasaki Ninja 250 ini telah dilengkapi teknologi Slipper Clutch ini semuanya.

Jadi dengan adanya komponen Slipper Clutch ini pada motor tunggangan sobat, akan menambah kenyamanan dan keamanan sobat saat berkendara. Sobat Otobuku.com pun dapat menurunkan gigi / perseneleng dan melewati tikungan dengan lebih lembut dan terasa sangat nyaman.
Mengenal Slipper Clutch Pada Sepeda Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: efendy bloggers