Rem ABS pada Motor dan Mobil

Rem ABS - Tentang Sistem Rem ABS pada Motor atau Mobil

ABS, kata singkatan ini bagi sebagian orang masih terdengar asing, dan sebagian orang juga sudah sangat akrab dengan sebutan ini, namun baik yang baru mendengarnya atau mereka yang sudah lama mengetahuinya banyak yang masih belum mengetahui secara detail mengenai apa itu Rem ABS, sekarang ini sistem Rem ABS sudah diterapkan pada mobil maupun motor, banyak sekali motor-motor keluaran baru yang menggunakan sistem Rem ABS ini, jadi sekarang ini masih banyak orang yang penasaran apa itu sistem Rem ABS, perbedaan Rem ABS dengan rem biasa, cara kerja Rem ABS itu bagaimana, apa saja kekurangan maupun kelebihan dari Rem ABS itu, dan hal-hal lainnya tentang Rem ABS. Jadi buat sobat Otobuku semuanya yang ingin mengetahui seluk belum Rem ABS ini kalian dapat menyimak ulasan mengenai Rem ABS ini hingga akhir.

Rem ABS yang terdapat pada roda depan Motor

Pengertian Rem ABS

ABS adalah singkatan dari Anti-lock Braking System, kalimat "Anti-lock Braking System" ini bagi kalian yang sudah ahli dalam bahasa inggris pasti langsung dapat memahaminya, namun sebagian orang ada yang masih kebingungan maksud dari kalimat Anti-lock Braking System ini. Seperti yang kita ketahui saat motor atau mobil tanpa sistem Rem ABS yang melewati jalan licin atau mengerem secara mendadak sering kali rodanya langsung terkunci atau terhenti namun motor atau mobilnya masih berjalan walau rodanya telah berhenti, tentu hal ini membuat pengemudinya menjadi susah untuk mengendalikan kendaraannya.

Rem ABS atau Anti-lock Braking System merupakan sebuah sistem pengereman yang mencegah roda terkunci saat pedal rem di injak secara mendadak, saat kalian melaju dengan kecepatan tinggi atau saat melewati jalan yang licin dan kalian mengerem secara mendadak roda motor atau mobil kalian tidak akan langsung berhenti atau mengunci jika sudah dilengkapi dengan sistem rem ABS ini. Dengan Rem ABS ini, kalian dapat mengendalikan mobil ataupun motor dengan mudah walaupun kalian mengerem secara mendadak, dan jika tidak dilengkapi dengan sistem rem ABS, bahkan seorang pembalap profesional pun akan kesulitan dalam mengendalikan arah mobil atau motornya saat mengerem mendadak atau melewati jalan yang licin. Jadi, sistem Rem ABS ini sudah lama diterapkan pada mobil dan motor, khususnya motor atau mobil untuk balapan.


Komponen Utama Rem ABS

Gambar Komponen Rem ABS pada Motor
Gambar Komponen Rem ABS pada Motor
Gambar Komponen Rem ABS pada Mobil
Gambar Komponen Rem ABS pada Mobil
Rem ABS sangat terlihat fungsinya, dan tentunya komponen dari Rem ABS ini tidak hanya ada satu saja, ada beberapa komponen yang terdapat dalam Sistem Rem ABS. dan berikut ini merupakan komponen utama dalam sistem Rem ABS.

Wheel Speed Sensor

Gambar Wheel Speed Sensor pada Rem ABS
Gambar Wheel Speed Sensor pada Rem ABS
Wheel Speed Sensor yang dalam bahasa indonesia disebut dengan "Sensor kecepatan roda" yaitu sebuah sensor untuk mendeteksi kecepatan dari roda, dan juga mendeteksi jika roda terkunci. Bagian dari Wheel Speed Sensor ini terdapat 2 buah komponen, yang pertama sensor dan yang kedua rotor. Data kecepatan roda yang diambil oleh Wheel Speed Sensor ini kemudian disalurkan ke ABS Control Modul.

ABS Control Modul

ABS Control Modul merupakan kontroler atau komputer yang menjadi otak dari sistem Rem ABS ini, ABS Control Modul ini akan menerima semua data yang diterima dari sensor-sensor yang terdapat dalam sistem Rem ABS, dan kemudian memprosesnya atau mengolahnya.

Hidrolik Unit

Gambar Hidrolik Unit pada Rem ABS
Gambar Hidrolik Unit pada Rem ABS
Hidrolik Unit atau Actuator ini terdiri dari beberapa bagian, beberapa diantaranya yaitu Solenoid Valve (katup pengereman), Accumulator, Pompa, dan Resevoir. posisi Solenoid Valve di Hidrolik Unit ini dikendalikan oleh ABS Control Modul.

Cara Kerja Rem ABS

Gambar Cara Kerja Rem ABS pada Motor dan Mobil
Gambar Cara Kerja Rem ABS pada Motor dan Mobil
Cara kerja dari Rem ABS ini tidaklah rumit, atau mempunyai cara kerja yang simpel. Cara kerja Rem ABS yaitu saat kendaraan berjalan atau roda berputar, Wheel Speed Sensor akan mendeteksi kecepatan roda dan akan mengambil data kecepatannya dan mengubahnya menjadi sinyal gelombang sinus, dan kemudian mengirimnya ke ABS Control Modul, setelah ABS Control Modul menerima sinyal yang diberikan Wheel Speed Sensor kemudian mengolahnya dan memprosesnya, saat pedal rem diinjak dan roda terkunci maka Wheel Speed Sensor akan mendeteksi roda berhenti dan mengirim sinyal ke ABS Control Modul, kemudian ABS Control modul akan memerintahkan piston rem kembali keposisi normal dan kembali menekan setelah roda berputar, hal ini terjadi secara terus menerus dan berlangsung dengan sangat cepat, bisa mencapai 15 kali dalam satu detiknya, sangat cepat hingga kita tidak akan merasakan roda terkunci, karena saat terkunci piston akan melepaskannya lalu menekannya lagi. Sangat sederhana, jadi kalian dapat mengetahuinya dengan mudah.

Kekurangan dan Kelebihan Rem ABS

Kekurangan dan Kelebihan dari Rem ABS pada Mobil dan Motor
Kekurangan dan Kelebihan dari Rem ABS pada Mobil dan Motor
Rem ABS merupakan teknologi yang sangat luar biasa, dan semakin berjalannya waktu akan semakin berkembang lagi, namun setiap teknologi pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan tersendiri, begitu juga dengan Rem ABS ini, Rem ABS mempunyai kelebihan dan kekurangan juga, dan berikut ini adalah Kekurangan atau Kerugian dan juga Kelebihan, Keunggulan atau Manfaat dari Red ABS.

Kekurangan dan Kerugian Rem ABS

  • Kendaraan sulit berhenti jika mengerem dijalan yang berkerilkil atau tidak rata, jadi kendaraan sulit untuk berhenti secara optimal
  • Saat Rem basah atau jalan dijalan yang tidak rata, rem menjadi tidak pakem dan kadang berbunyi menggeruk
  • Rem ABS dapat bekerja optimal jika kendaraan melewati jalan yang beraspal atau jalan yang rata
  • Motor Sulit digunakan untuk freestyle, misalnya Stoppie

Kelebihan, Keunggulan dan Manfaat Rem ABS

  • Rem sangat pakem dan meyakinkan jika kendaraan berjalan dipermukaan yang datar, atau diatas aspal
  • Roda kendaraan tidak akan terkunci saat melakukan pengereman
  • Kendaraan mudah dikendalikan saat mengerem secara mendadak
  • Pengereman Rem ABS lebih cepat dibanding dengan rem biasa
  • Pengereman semakin efektif dan tentunya tingkat kecelakaan semakin kecil

Tentang Sistem Rem ABS pada Motor dan Mobil

Sekarang ini teknologi ini memang sudah sangat umum digunakan, baik itu diterapkan pada motor maupun mobil, namun Rem ABS ini juga masih mempunyai kelemahan dan keunggulan tersendiri, jadi buat kalian dapat menyesuaikan teknologi Rem sekarang ini sesuai dengan apa yang kalian butuhkan.
Rem ABS pada Motor dan Mobil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: efendy bloggers